SEGITIGA

PENGGUNAAN ALAT PERAGA
SEGITIGA, DAERAH SEGITIGA, DAN MACAM-MACAM SEGITIGA

Pokok Bahasan : Geometri
Sub Pokok Bahasan : Segitiga
Jenjang Pendidikan : SMP / MTs
Kelas / Semester : VII / I
Indikator : 1. Menentukan jenis segitiga
berdasarkan panjang sisi-sisinya.
2. Menentukan jenis segitiga
berdasarkan besar sudutnya.
3. Menentukan jenis segitiga.
berdasarkan panjang sisi-sisinya
dan besar sudutnya.

I. Bentuk Alat Peraga
A. Segitiga dan macamnya
1. Jenis Segitiga Ditinjau dari Panjang Sisi-sisinya
(i). Segitiga sama kaki
Contoh:segitiga dengan ukuran 15cm, 20cm, 20cm.
(ii). Segitiga sama sisi
Contoh:segitiga dengan ukuran 20cm, 20cm, 20cm.
(iii). Segitiga sembarang
Contoh:segitiga dengan ukuran 15cm, 20cm, 24cm.

A.

Gambar 1.1 Jenis Segitiga Ditinjau dari Panjang Sisi-sisinya
2. Jenis Segitiga Ditinjau dari Besar sudutnya
(i). Segitiga lancip
Contoh:segitiga dengan ukuran 15cm, 20cm, 24cm
(ii). Segitiga siku-siku
Contoh:segitiga dengan ukuran 15cm, 20cm, 25cm
(iii). Segitiga tumpul
Contoh:segitiga dengan ukuran 12cm, 18cm, 25cm

Gambar 1.2 Jenis segitiga ditinjau dari besar sudutnya

3. Jenis Segitiga Ditinjau dari Panjang Sisi dan Besar Sudutnya
(i). Segitiga siku-siku sama kaki
Contoh:segitiga dengan ukuran 15cm, 15cm, 21cm
(ii). Segitiga lancip sama kaki
Contoh:segitiga dengan ukuran 15cm, 20cm, 20cm
(iii). Segitiga tumpul sama kaki
Contoh:segitiga dengan ukuran 15cm, 15cm, 23cm

Gambar 1.3 Jenis segitiga ditinjau dari panjang sisi dan besar sudutnya
B. Daerah Segitiga dan macamnya
1. Jenis Daerah Segitiga Ditinjau dari Panjang Sisi-sisinya
(i). Daerah Segitiga sama kaki
Contoh:segitiga dengan ukuran 15cm, 20cm, 20cm
(ii). Daerah Segitiga sama sisi
Contoh:segitiga dengan ukuran 20cm, 20cm, 20cm
(iii). Daerah Segitiga sembarang
Contoh:segitiga dengan ukuran 15cm, 20cm, 24cm

Gambar 2.1 Jenis Daerah Segitiga Diti

Gambar 2.1 Jenis Daerah Segitiga Ditinjau dari Panjang Sisi-sisinya

2. Daerah Segitiga Ditinjau dari Besar sudutnya
(i). Daerah Segitiga lancip
Contoh:segitiga dengan ukuran 15cm, 20cm, 24cm
(ii). Daerah Segitiga siku-siku
Contoh:segitiga dengan ukuran 15cm, 20cm, 25cm
(iii). Daerah Segitiga tumpul
Contoh:segitiga dengan ukuran 12cm, 18cm, 25cm

Gambar 2.2 Jenis Daerah Segitiga Ditinjau dari besar sudutnya

3. Jenis Segitiga Ditinjau dari Panjang Sisi dan Besar Sudut
(i). Daerah Segitiga siku-siku sama kaki
Contoh:segitiga dengan ukuran 15cm ,15cm ,21cm
(ii). Daerah Segitiga lancip sama kaki
Contoh:segitiga dengan ukuran 15cm ,20cm ,20cm
(iii).Daerah Segitiga tumpul sama kaki
Contoh:segitiga dengan ukuran 15cm,15cm,23cm

Gambar 1.3 Jenis Daerah Segitiga Ditinjau dari panjang sisi dan besar sudutnya
II. Alat dan Bahan
A. Alat :
1. Pensil
2. Penggaris
3. Las
4. Cutter
5. Gunting Kawat
B. Bahan :
1. Kawat sepanjang 800 cm
2. Kertas BC berwarna merah sebanyak lembar
3. Kertas BC berwarna ungu sebanyak lembar
4. Kertas BC berwarna biru sebanyak lembar
5. Cat berwarna merah,ungu dan biru
III. Cara Pembuatan
A. Segitiga dan macamnya
1. Siapkan semua alat dan bahan yang akan digunakan.
2. Potong kawat sesuai dengan ukuran segitiga yang akan dibuat (menurut panjang sisi-sisi, besar sudut, panjang sisi dan besar sudutnya).
3. Sambung kawat tersebut dengan menggunakan las sehingga membentuk segitiga.
4. Beri warna segitiga tadi dengan menggunakan cat.
B. Daerah Segitiga dan macamnya
1. Siapkan semua alat dan bahan.
2. Buatlah desain daerah segitiga dengan menggunakan komputer.
3. Cetak desain yang telah dibuat denganmenggunakankertas BC.
4. Laminating kertas BC tadi.
5. Potong daerah segitiga tersebut dengan menggunakan cutter atau gunting.

IV. Cara Penggunaan
A. Prasyarat :
1. Siswa mengetahui jenis-jenis sudut(lancip, siku-siku, tumpul)
2. Siswa mengetahui unsur-unsur segitiga(titik sudut dan sisi)
B. Cara Penggunaan Segitiga dan Daerah Segitiga
1. Acungkan model segitiga sebarang/lancip.

2. Dengan meraba sisi-sisi segitiga, tanyakan kepada siswa”ada berapa sisi yang membatasi bangun ini?”(Tiga).
3. Dengan menunjuk titik sudut, tanyakan”Berapa titik sudut yang dimiliki bangun ini?”(Tiga)
4. Tanyakan”Jadi, apa nama bangun ini?”(Segitiga), tanyakan kembali”Apakah segitiga itu?”(Bangun datar yang dibatasi oleh tiga sisi dan tiga titi sudut).
5. Gabungkan model segitiga dan model daerah segitiga.
6. Tanyakan”Bangun datar apakah yang membatasi daerah ini?”(Segitiga).”Dengan demikian apakah nama daerah ini?”
(Daerah Segitiga).

C. Cara Pengunaan Macam-macam segitiga dan Daerah Segitiga
1. Ditinjau dari panjang Sisi-Sisinya
i. Segitiga dan Daerah Segitiga Sama Kaki
a. Acungkan model segitiga sama kaki.

b. Ajak siswa untuk mengukur ketiga sisi-sisinya, tanyakan:”Ada berapa sisi yang mempunyai panjang sama?”(Dua).
c. Katakan pada siswa”Jika sisi yang sama panjang disebut kaki, jadi apa nama segitiga ini?”(Segitiga sama kaki)
d. Gabungkan model segitiga dan model daerah segitiga.
e. Tanyakan ”Segitiga apakah yang membatasi daerah ini?”:(segitiga sama kaki).
f. Tanyakan :”Apakah nama daerah ini?”(Daerah segitiga sama kaki).
ii. Segitiga dan Daerah Segitiga Sama Sisi
a. Acungkan model segitiga sama sisi.

b. Ajak siswa untuk mengukur ketiga sisi-sisinya, tanyakan:”Apakah semua sisinya mempunyai panjang sama?”(Ya).
c. Tanyakan “Apakah besar ketiga sudutnya sama?”(Ya).
d. Jadi disebut apakah segitiga yang ketiga sudutnya sama besar dan mempunyai panjang sisi yang sama?”(Segitiga sama sisi).
e. Gabungkan model segitiga dan model daerah segitiga.
f. Tanyakan ”Segitiga apakah yang membatasi daerah ini?”(segitiga sama sisi).
g. “Jadi apakah nama daerah ini?”(Daerah segitiga sama sisi).

iii. Segitiga dan Daerah Segitiga Sembarang
a. Acungkan model segitiga sembarang.

b. Ajak siswa untuk mengukur ketiga sisi-sisinya, tanyakan:”Apakah panjang ketiga sisinya sama?”(Tidak).
c. Tanyakan”Apakah nama segitiga ini?”(Segitiga Sembarang).
d. Gabungkan model segitiga dan model daerah segitiga.
e. Tanyakan ”Segitiga apakah yang membatasi daerah ini?” (segitiga sebarang)
f. “Jadi apakah nama daerah ini?”(Daerah Segitiga Sembarang).
2. Ditinjau dari Sudut-sudutnya
i. Segitiga dan daerah segitiga lancip
a. Acungkan model segitiga lancip.
b. Dengan menunjuk ke tiga sudutnya, tanyakan kepada siswa”Apa nama sudut ini?”(Sudut Lancip) ,
c. ”Jadi apa nama segitiga ini?” (Segitiga Lancip).
d. Gabung model segitiga dan model daerah segitiga lancip.
e. Tanyakan ”Segitiga apakah yang membatasi daerah ini?” (segitiga lancip)”
f. Jadi apakah nama daerah ini?”(Daerah segitiga lancip).

ii. Segitiga dan Daerah Segitiga Siku-siku
a. Acungkan model segitiga siku-siku.
b. Dengan menunjuk ke salah satu sudutnya, tanyakan kepada siswa”Apa nama sudut ini?”(Sudut siku-siku),
c. ”Apa nama segitiga ini?” (Segitiga Siku-siku).
d. Gabung model segitiga dan model daerah segitiga.
e. Tanyakan ”Segitiga apakah yang membatasi daerah ini?” (segitiga siku-siku).
f. “Jadi apakah nama daerah ini?”(Daerah Segitiga Siku-siku).

iii. Segitiga dan Daerah Segitiga Tumpul
a. Acungkan model segitiga tumpul.
b. Dengan menunjuk ke salah satu sudutnya, tanyakan kepada siswa : ”Apa nama sudut ini?”(Sudut Tumpul),
c. ”Jadi apa nama segitiga ini?” (Segitiga Siku-siku).
d. Gabung model segitiga dan model daerah segitiga tumpul.
e. Tanyakan ”Segitiga apakah yang membatasi daerah?” (segitiga tumpul).
f. “Jadi apa nama daerah ini?”(Daerah Segitiga tumpul).

3. Ditinjau dari panjang sisi dan besar sudutnya
i. Segitiga dan daerah segitiga lancip sama kaki
a. Acungkan model segitiga lancip.
b. Dengan menunjuk ke tiga sudutnya, tanyakan kepada siswa: ”Apa nama sudut ini?”(Sudut Lancip),”Apakah panjang kedua kakinya sama?”(Ya),
c. Tanyakan:”Disebut apakah segitiga yang ketiga sudutnya lancip dan dua kakinya sama panjang?”(Segitiga lancip sama kaki)
d. Gabung model segitiga dan model daerah segitiga.
e. Tanyakan ”Segitiga apakah yang membatasi daerah ini?” (segitiga lancip sama kaki).
f. “Jadi apakah nama daerah ini?”(Daerah Segitiga Lancip Sama Kaki).

ii. Segitiga dan daerah segitiga siku-siku sama kaki
a. Acungkan model segitiga siku-siku.
b. Dengan menunjuk ke salah satu sudutnya, tanyakan kepada siswa: ”Apa nama sudut ini?”(Sudut siku-siku),
c. ”Apakah panjang kedua kakinya sama?” (Ya)
d. Gabung model segitiga dan model daerah segitiga.
e. Tanyakan: ”Segitiga apakah yang membatasi daerah ini?” (segitiga siku-siku).
f. “Jadi apakah nama daerah ini ?” (daerah segitiga siku-siku sama kaki).

iii. Segitiga dan daerah segitiga tumpul sama kaki
a. Acungkan model segitiga tumpul.
b. Dengan menunjuk ke salah satu sudutnya, tanyakan kepada siswa: ”Apa nama sudut ini?”(Sudut Tumpul),
c. ”Apakah panjang kedua kakinya sama?”(Ya).
d. Gabung model segitiga dan model daerah segitiga.
e. Tanyakan ”Segitiga apakah yang membatasi daerah ini?” (segitiga tumpul).
f. “Jadi apakah nama daerah ini ?”(daerah segitiga tumpul sama kaki).
V. Manfaat
Peserta didik dapat menemukan konsep: segitiga dan bidang segitiga, segitiga sembarang, segitiga lancip, segitiga siku-siku, segitiga tumpul, segitiga sama kaki, segitiga sama sisi, segitiga tumpul sama kaki dan segitiga siku-siku sama kaki dan sifat-sifatnya .
VI. Kesimpulan
 Segitiga adalah sebuah bangun datar yang dibatasi oleh tiga buah garis lurus yang sepasang-sepasang sisinya saling berimpit dan membentuk tiga buah sudut.
 Jenis segitiga menurut panjang sisi-sisinya.
a. Segitiga sama kaki
b. Segitiga sama sisi
c. Segitiga sembarang
 Jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya.
a. Segitiga lancip
b. Segitiga siku-siku
c. Segitiga tumpul
 Jenis segitiga berdasarkan panjang sisi-sisi dan besar sudutnya.
a. Segitiga lancip sama kaki
b. Segitiga siku-siku sama kaki
c. Segitiga tumpul sama kaki

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: